KAWASAN LERENG MERAPI

Undang-undang No. 6 tahun 2014 tentang Desa telah diterbitkan tanggal 15 Oktober 2014. Dengan mulai dilaksanakannya penganggaran untuk Desa pada tahun 2015 sebagai bukti keberpihakan Pemerintah kepada desa, masyarakat, dan kawasan tertinggal dengan memberikan prioritas pada APBN.
Tujuan yang lebih luas lagi dari Visi diterbitkannnya Undang-undang No. 6 tahun 2014 tentang Desa ini adalah untuk memberikan kepastian hukum bagi Desa yang telah berkembang dalam berbagai bentuk sehingga perlu dilindungi dan diberdayakan agar menjadi kuat, maju, mandiri, dan demokratis. Desa yang mandiri merupakan landasan yang kuat dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan menuju masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera
Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, hal penting yang harus dicermati dalam Tata Kelola Desa yang Demokratis adalah terkait dengan partisipasi masyarakat. Musyawarah Desa merupakan forum permusyawaratan yang diikuti oleh Badan Permusyawaratan Desa, Pemerintah Desa, dan unsur masyarakat Desa untuk memusyawarahkan hal yang bersifat strategis dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
Evaluasi dalam penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa selama 2 tahun berjalan (Tahun 2015 dan tahun 2016) sebagian besar masih didominasi oleh kegiatan infrastuktur (kegiatan fisik). Sedangkan anggaran yang dialokasikan untuk pemberdayaan masyarakat masih sangat sedikit. Dan ada kecenderungan penggunaan Dana Desa digunakan untuk pemerataan pembangunan Fisik tiap Dusun/RW. Sehingga pembangunan yang mengarah kepada pengembangan potensi desa untuk menuju kemandirian desa dirasakan masih sangat jauh dari harapan.
Sebagai langkah untuk mengembalikan semangat dan visi UU No 6 tahun 2014 tentang Desa yaitu terciptanya Desa yang kuat, maju, mandiri dan demokratis serta penyelarasan dengan visi Kabupaten Klaten yaitu Maju , Mandiri dan Berdaya Saing, maka perlu dilakukan langkah-langkah untuk mendorong Desa agar mau dan mampu menyusun perencanaan pembangunan desa yang berorientasi kepada pengembangan potensi desa.

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan